Jumat, 25 Januari 2013

Membaca Kode Ban Lebih Detail

Bagian samping dari ban disebut dinding luar, berisi informasi yang perlu anda ketahui mengenai ban anda. Apakah tercetak dengan merek Goodyear atau yang lain, semua ban memiliki informasi ini.





Glossary of Terms

Tipe ban di definisikan sesuai penggunaan ban. ‘P’ berarti ban untuk kendaraan roda 4. Bila tercantum ‘LT’ maka ban digunakan untuk truk ringan.

Lebar ban menggunakan satuan milimeter dari sisi samping ke sisi samping berikutnya. Ban ini berukuran 215 milimeter.

Rasio Rasio yang berimbang adalah ketinggian dari ban menyeluruh secara luas. 65 artinya bahwa tinggi ban sama dengan luas 65% dari ban itu sendiri.

Konstruksi memberitahukan Anda bagaimana komponen-komponen ban disatukan dalam pembuatannya. "R" adalah singkatan dari radial, yang berarti berarti bahwa lapisan benang, yang merupakan lapisan fabric yang membentuk tubuh ban, disusun secara radial dan tegak lurus dari ujung rim satu ke ujung lainnya. Tanda "B" menunjukkan bahwa ban tersebut memiliki konstruksi bias, yang berarti bahwa lapisan-lapisan benangnya disusun secara diagonal dari ujung rim satu ke ujung lainnya, dengan lapisan berbagai arah untuk memperkuat satu sama lain.

Diameter roda adalah luas dari roda pada sisi satu ke sisi lainnya. Diameter roda adalah 15 inci.

Index beban adalah kapasitas maksimum beban dalam kilogram yang mampu di terima saat berada pada tekanan yang benar. Anda juga dapat menemukan kapasitas maksimum beban dalam satuan pounds dan kilogram tercetak pada sisi samping ban.

Tingkat kecepatan adalah kapasitas maksimum yang dapat di terima pada ban. ‘H’ berarti bahwa maksimum kecepatan yang dapat di lampaui ban tersebut adalah 210 km/jam. Tingkat kecepatan ini hanya kapasitas maksimum dari kecepatan ban, dan bukan direkomendasikan sebagai batas limit maksimum kecepatan tinggi ; kendarai mobil anda sesuai aturan lalu lintas.
Ban2 Goodyear tersedia dalam berbagai tingkat kecepatan yang berbeda guna menyesuaikan kapabilitas sebagai mobil tercepat di dunia. Secara umum, di rekomendasikan bahwa ban berkecepatan tinggi dapat diganti dengan ban yang setara atau lebih baik.Bagan Rating Kecepatan

Dalam kondisi dimana ban dipasang dengan seri berbeda pada kendaraan, kecepatan maksimum yang dapat di jangkau menjadi sangat terbatas dibandingkan dengan kecepatan yang seharusnya dimiliki. Kecepatan yang di jangkau tidak dihasilkan oleh ban yang di gunakan. Kami menjamin bahwa penggunaan yang tepat akan menghasilkan kecepatan tinggi yang sempurna.




Perusahaan GoodyearTre & Rubber Company tidak menyarankan penggunaan produk2 di bawah ini berkaitan dengan batas kecepatan yang di perbolehkan.


"DOT" berarti bahwa ban tersebut memenuhi standard keamanan yang di keluarkan oleh Lembaga Transportasi Amerika (DOT). Berkaitan dengan hal itu ban tersebut memiliki seri khusus : kombinasi dari nomor dan angka hingga 12 digit.


"UTQG" berarti bahwa ‘Uniform Tyre Quality Grading’, standard produk berkualitas yang di keluarkan oleh Departemen Transportasi Amerika (DOT).

Tyre grades: Uniform Tyre Quality Grading System or UTQG

Kecuali untuk ban musim salju, DOT mengajurkan pabrikan bagi ban yang di gunakan untuk mobil berdasarkan tiga factor keunggulan : tapak yang di gunakan,ketajaman, ketahan cuaca. Goodyear ban yang di gunakan untuk mobil berpenumpang dan truk ringan telah terdaftar dalam katalog yang dikeluarkan UTQG.

Tapak yang di gunakan
Lebih dari 100 - terbaik
100 - cukup
Kurang dari 100 - Buruk

Tapak yang digunakan berbeda-beda tingkatannya bergantung pada setiap kebutuhan serta standard yang di setujui pemerintah (US). Ban yang bertapak 200 dapat digunakan lebih lama dibandingkan yang di rekomendasikan pemerintah yaitu sebanyak 100 tapak. Indikator kilometre yang digunakan bergantung kepada kondisi penggunaan dan bias berubah sesuai dengan kondisi pengemudi, perawatan yang dilakukan, kondisi jalan dan cuaca. Catatan : Tapak pada ban hanya berlaku sebagai perbandingan di antara produk2 lainnya yang setaraf. Tidak dapat di perbandingkan dengan produksi dari pabrikan yang berbeda.
Daya Cengekeram
A- Terbaik
B - Cukup
C – Bisa Diterima

Daya tarik menghadirkan kemampuan ban untuk berhenti tepat pada saat jalanan hujan baik pada kondisi jalan aspal ataupun beton yang sudah dibuktikan melalui test khusus oleh pemerintah (US). Daya cengkeram beragam yang dilakukan secara mendadak, tidak mengindikasikan kemampuan dari arah samping.

A - TerbaikSuhu Udara
B - Cukup
C - Dapat Diterima

Suhu udara mengindikasikan kemampuan ban dalam menghadapi masalah udara panas saat dilakukan pengetesan di laboratorium khusus yang tertutup. Getaran yang dihasilkan dari temperature tinggi dapat megakibatkan menurunnya daya kerja dan usia ban itu sendiri. Temperatur berlebihan mengakibatkan kerusakan ban.

Sumber :www.goodyear-indonesia.com