Jumat, 25 Januari 2013

Cara Identifikasi Ban

Identifikasi Tapak Ban Anda
Sangat mudah melakukan pengecekan apakah ban anda masih layak pakai melalui tapak pada ban.. Semua ban baik untuk mobil maupun truk baik ukuran sedang maupun menengah memiliki tapak indikasi yang tercetak pada bagian dalam lapisan ban. Barisan tapak yang mengindikasikan ban perlu diganti teletak pada bagian luar ban yang akan terlihat bila ban sudah waktunya diganti dengan yang baru terutama apabila barisan tanda tapak khusus tersebut mulai pudar, gantilah dengan ban yang baru.


Bagian tepi dari ban terlihat : kurang tekanan

Bila bagian ban terlihat seperti ini, kemungkinan kurang tekanan. Hal terburuk adalah ban dalam keadaan kurang tekanan. Tekan/injak ban dengan kaki pada bagian luar/samping dari ban. Hal ini juga dapat mengakibatkan panas yang berlebihan yang akan mengurangi kelenturan ban. Akhirnya akan mengakibatkan pemborosan bahan bakar (karena mesin bekerja terlalu keras). Cek tekanan ban dengan rutin. Ban yang tidak normal dapat juga mangakibatkan kerusakan mesin. Para agen Goodyear dapat memberikan diagnosa berpengalaman dan membetulkannya.
Saat tekanan ban berlebih, bagian tengah terlihat menyembul dan bagian luar terpakai lebih banyak dari bagian dalam. Ketidak seimbangan mengakibatkan masa penggunaan ban menjadi berkurang. Lakukan pengecekan ban teratur untuk tekanan yang tepat. Ban yang tidak normal dapat juga mangakibatkan kerusakan mesin. Para agen Goodyear dapat memberikan diagnosa/saran berpengalaman dan membetulkannya.

Terkikis pada Bagian Tengah: TEKNAN BERLEBIH

Cembung adalah hal yang sering di temukan pada ban bagian depan, sekalipun ban belakang dapat juga mengalami hal yang sama. Hal ini merupakan pertanda bahwa keseimbangan atau suspensi atau system mengemudi mengalami kerusakan/gangguan. Para agen Goodyear dapat memberikan diagnosa/saran berpengalaman dan membetulkannya.

Terlihat seperti cangkir pada tapak : bagian usang

Pada bagian pinggir terkikis/bergerigi atau terlihat berbulu? Hal ini terjadi karena kondisi jalan tidak rata. Solusi adalah memutar keluar/kedalam posisi ban tersebut.

Ujung Bergerigi : TIDAK LURUS

Kedalaman tapak yang baik sangat berpengaruh pada performa ban. Bila anda merasakan ketidak nyamanan saat hujan, kemungkinan hal ini di sebabkan berkurangnya tapak tersebut. Saat kedalaman tapak mencapai 1/16th inci, harus segera dig anti dengan ban baru.